Jurnal dan Buku Besar

jurnal merupakan media untuk mencatat transaksi perusahaan dari bukti transaksi secara kronologis dengan cara menunjukkan rekening yang di debit dan rekening yang dikredit beserta dengan jumlah nominalnya masing-masing. manfaat dari jurnal adalah kita dapat mengetahui rekening yang terpengaruh oleh transaksi yang telah dilakukan oleh perusahaan.

jurnal ada dua jenis yaitu jurnal umum dan jurnal khusus. jurnal umum digunakan untuk mencatat segala macam transaksi perusahaan tanpa melihat jenis transaksi yang terjadi. sedangkan jurnal khusus digunakan untuk menggolongkan beberapa transaksi kedalam beberapa jenis transaksi jurnal khusus terdiri dari jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, jurnal pembelian, jurnal penjualan dan jurnal umum untuk mencatat transaksi yang tidak termasuk dalam empat jenis jurnal tersebut.

Buku Besar merupakan tempat yang digunakan untuk menampung rekening- rekening dari jurnal. misalnya rekening kas maka buku besar akan menmeuat hasil postingan akun kas dari jurnal penerimaan dan jurnal pengeluaran kas sehingga akan diketahui saldo akhir kas pada buku besar. posting merupakan proses pemindahbukuan yang digunakan untuk memindahbukukan rekening yang ada di jurnal kedalam buku besar. buku besar terdapat beberapa bentuk yang pertama yaitu bentuk T account dan yang kedua adalah rekening saldo berjalan.

demikian sedikit ulasan untuk jurnal dan buku besar semoga dapat bermanfaat.

Komentar