Neraca Saldo, Penyesuaian dan Neraca Lajur


  • Neraca Saldo

setelah memahami tentang buku besar maka untuk langkah selanjutnya yaitu penyusunan neraca saldo. neraca saldo merupakan daftar akun atau rekening yang memuat akumulasi saldo masing masing rekening yang telah dikelompokkan dalam buku besar pada suatu saat tertentu. tujuan dibuatnya neraca saldo adalah untuk mempermudah dalam pembuatan laporan keuangan sekaligus menguji kesamaan sisi debit dan kredit. biasanya neraca saldo dibuat pada akhir periode atau setiap sebulan sekali.


  • Penyesuaian

penyesuaian atau adjustment merupakan aktivitas yang harus dilakukan untuk mengetahui jumlah rekening yang sebenarnya.pada akhir periode seperti contohnya aktiva atau asset dalam perusahaan yang selalu terjadi penyusutan maka perlu dilakukan perhitungan atas penyusutan nilai aktiva tersebut sehingga pada akhir periode diketahui nilai aktiva yang sebenarnya. hal ini yang dinamakan penyesuaian.
setelah dilakukan penyesuaian maka saldo dalam neraca saldo yang terdapat penyesuaian makan harus diperbaharui biasanya disebut dengan neraca saldo setelah disesuaikan.


  • Neraca Lajur

neraca lajur atau kertas kerja merupakan media sebagai pengkoreksi untuk mengurangi kesalahan dalam penyusunan laporan keuangan. selain itu membuat neraca lajur dapat memudahkan pembuatan laporan keuangan serta meringkas dan menggolongkan rekening-rekening yang ada dalam buku besar atau memindahkan rekening-rekening yang sudah dibentuk dalam neraca saldo sesuai dengan pos-pos laporan keuangan yang membutuhkannya. 

Komentar